cara dan resep membuat cemilan aneka kue bakpao ayam bertekstur lembut dan mudah

cemilan aneka kue bakpao ayam memang sangat pas dihidangkan ketika bakpao masih panas, sebelumnya team kaki lima street food sudah membahas tentang kuliner yg satu ini dalam artikel yg berjudul "berita dan fakta unik bakpao". dimana didalam artikel itu berisi perjalanan kue bakpao sampai beberapa kue bakpao aneh didunia.
bakpao sendiri merupakan makanan olahan kue yg lumayan populer di indonesia. dimana makanan ini dapat banyak ditemukan dijawabarat. cara penjajahan nya pun beragam ada yg memakai gerobak, ada yg memakai mobil bahkan ada yg memakai sepeda. makanan yg satu ini memiliki tekstur yg lembut dengan ciri khasnya yaitu isian nya yg beraneka macam. namun bakpao sendiri biasanya dijual hanya dengan beberapa varian isian saja seperti coklat dan kacang hijau.
cara dan resep membuat cemilan aneka kue bakpao ayam
Bakpau daging ayam
dari beberapa portal dan berita online menyebutkan kalau bakpao sebenarnya bisa di kreasikan bersama bahan lain sebagai isiannya tidak terlalu terpaku terhadap kacang ijo saja, maka dari hal ini juga yg mendorong team kaki lima street food untuk membuat resep dan cara membuat cemilan aneka kue bakpao ayam. untuk kita yg belum tau atau sekilas melihat bakpao ini mungkin sudah mengira kalau cara membuat cemilan aneka kue bakpao ayam ini sangat susah, namun ternyata sobat salah, justru untuk membuat cemilan aneka kue bakpao ayam ini terbilang gampang kok.
hanya saja kita harus memperhatikan baik-baik tiap langkah dan tahapan cara pembuatannya, yuk simak baik-baik ya sobat resep dan cara membuat cemilan aneka kue bakpao ayam.


bahan Utama untuk membuat bakpao ayam diantaranya:
  1. tepung terigu - 300gram (usahakan gunakan tepung maizena yg mempunyai protein yg rendah)
  2. tepung maizena- 60gram
  3. mentega- 30gram (usahakan memakai mentega yg berwarna putih agar warna dan tampilan bakpau nanti tetap putih bersih)
  4. ragi - 5biji, kalau dalam gram bisa memakai 8gram ragi
  5. baking powder - setengah sendok teh,sebagai pengembang bakpau agar terlihat besar
  6. gula tepung - 100gram
  7. air es - 170mililiter bahan ini digunakan untuk mengawetkan adonan nantinya

isian untuk cemilan aneka kue bakpao ayam:
  • daging ayam giling - 200gram atau bebas sesuai selera sobat
  • bawang merah dan bawang putih - 4siung
  • garam - setengah sendok teh
  • gula pasir - setengah sendok teh
  • daun bawang yg sudah di iris halus - 1batang
  • merica bubuk - 1 sachet 
Baca Juga: fakta unik dari sosis yg bikin ketawa ngakak, cara dan resep membuat tahu bulat sumedang
membuat isian bakpao ayam
  • haluskan beberapa bahan isian tadi seperti bawang merah dan putih yg juga tambahkan garam, gula pasir dan merica bubuk, kemudian masukan secara perlahan daging ayam yg sudah di haluskan bersama daun bawang kedalam adonan isian bakpao ayam, aduh terus hingga rata.

tahap dan langkah cara membuat cemilan aneka kue bakpao ayam:
  1. pertama sobat siapkan wadah yg cukup besar, dan campurkan didalam wadah tersebut bahan-bahan pembuatan bakpao isi daging ayamnya seperti tepung terigu, maizena, ragi, gula tepung dan tentunya baking powder,, disini selain baking powder juga memakai ragi agar bakpau mengembang secara maksimal
  2. aduk adonan tadi secara merata, masukan air es, uleni sampai kalis. pada tahap ini juga sobat harus memasukan garam dan mentega uleni memakai mixer atau manual, kalau sudah diamkan selama 30menit agar adonan tercampur rata dan ragi tercampur rata
  3. pada langkah ketiga sobat mulai membentuk adonan menjadi bulat bulat, jangan terlalu besar ya , pada tahap ini berat bakpao diusahakan sekitar 30gram agar mengembang sempurna.
  4. pipihkan memakai botol dan lalu cekungkan dan isi adonan pada isian bakpau yg sudah dibuat pada step sebelumnya, setelah sudah di isi lalu taruh pada kertas bakpao
  5. diamkan adonan sampai 30menit, ini bertujuan agar adonan diatas kertas mampu mengembang
  6. setelah adonan mengembang lalu kukus selama kurang lebih 30menit dan gunakan api sedang
  7. bakpau pun siap disajikan

cara resep membuat cemilan aneka kue bakpao ayam memang gampang-gampang susah ya, kita harus jeli dalam tahap-tahapnya, terutama pada proses pengembangan dan pencampuran bahan. namun untuk isiannya sendiri tidak harus terpaku memakai daging ayam, namun sobat bisa menambahkan bahan lain untuk isiannya seperti coklat, kacang hijau, dan aneka buah juga bisa sesuai selera sobat, karena makanan cemilan aneka kue bakpao ini sangat bisa dicampur dan dikreasikan dengan makanan lain.
makanan bakpau juga sangat cocok untuk hidangan berbagai acara seperti hajatan, nikahan dan syukuran bahkan untuk ulang tahun pun sangat cocok. selamat mencoba salam kaki lima street food sobat pecinta kaki lima

0 Response to "cara dan resep membuat cemilan aneka kue bakpao ayam bertekstur lembut dan mudah"

Post a Comment