anda penggemar sate ? inilah fakta unik sate ayam dan kambing bakar yg wajib sobat ketahui

fakta unik sate kambing dan ayam bakar - makanan indonesia memang sangat beraneka macam mungkin salah satu faktor yg mempengaruhinya juga yaitu suku dan budaya serta agama yg berbeda-beda pula di indonesia. selain faktor tadi faktor sumber daya alam dan hasil bumi berupa rempah-rempah yg begitu melimpah menjadi salah satu alasan kenapa makanan indonesia begitu beragam. ada mie ayam, bakso, nasi goreng, soto ayam, sate dan masih banyak lagi lainnya. sate memang asli dari indonesia dan awalnya cuma daging biasa yg di tusuk-tusuk namun tangan-tangan kreatif dari indonesia mampu membuat makanan yg tadinya biasa menjadi luar biasa karena inovasinya juga. sate kambing misalnya di indonesia sangat beragam ada sate ayam, sate kambing, sate goreng, sate udang,sate padang bahkan sampai sate daging babi pun juga ada dan tidak main-main penggemar sate ini bukan hanya dari kalangan bangsa indonesia saja namun para turis yg hendak melancong ke negara kita tercinta ini. rasa yg khas dari bumbu rempah-rempah indonesia sate mampu memikat para penggemarnya.
fakta unik sate kambing dan ayam bakar
sate indonesia
selain rasanya yg enak dan lezat ternyata sate juga memiliki banyak fakta-fakta unik yg tidak kita sadari bahkan kita terkesan acuh saja. jadi kalian penggemar sate ? inilah fakta-fakta unik dari sate yg wajib sobat kaki lima ketahui !!
1. sate sudah mulai dikenal warga indonesia sekitar abad ke-19
kepopuleran sate ternyata sudah ada pada abad ke-19 cukup lama bukan ? pulau yg pertama kali merasakan kepopulerannya ialah pulau jawa. kenapa mesti di pulau jawa tidak di pulau lainnya di indonesia ? ternyata sate bisa berkembang pesat karena para pendatang dulu dari arab dan pendatang muslim gujarat dari negara india. para pendatang ini seringkali bolak balik ke indonesia untuk berniaga dan tentu makanan indonesia seperti sate membuat mereka betah berlama-lama di indonesia.
2. kemisteriusan sate yg melegenda
meskipun tadi sudah di bahas sate awal mula berasal dari pulau jawa namun kabar ini masih simpang siur sampai sekarang. asal muasal dari sate ini masih sangat misterius. darimanakah sumber inspirasi dari sate ini sebenarnya? banyak artikel dan sumber-sumber mengarah kalau inspirasi awal dari sate ini berasal dari jawa tengah ada juga yg mengarah ke tiongkok sebagai asal mula pembuatan sate perta kali. bahkan dari media-media cetak atau internet juga negara jepang juga membawa sate ke indonesia selagi jepang menjajah indonesia. para prajurit dan bangsawan dari jepang sering membuat "robatayaki" atau makanan dari daging yg di tusuk dengan batang bambu khas jepang.

Baca Juga: sate padang ajo rawon, sate ondomohen dan lontong surabaya

3. sate tersebar diberbagai belahan dunia
sate memang sangat terkenal dinagaranya asalnya sendiri yaitu indonesia namun saiapa sangka kalau kepopuleran sate sendiri bukan hanya di indonesia saja namun sate juga bisa sampai tersebar diberbagai belahan dunia bahkan sampai negara afrika selatan. mungkin pada saat penjajahan belanda bangsa dari negara belanda banyak mengomsumsi sate dan pada akhir penjajahannya yaitu indonesia merdeka belanda pulang ke negara mereka dan membawa makanan sate ini. kenapa di afrika bisa mengenal sate? beberapa media elektronik mengarah kepada zaman hindia belanda dan pada masa portugis menjelajah untuk mencari rempah-rempah di indonesia. dan terjadilah perpindahan para pendatang ini ke benua afrika. dan di afrika sendiri makanan ini tidak dikenal dengan nama sate, namun warga negara afrika selatan menamainya dengan nama "sosatie".
4. zat kalori dalam kandungan sate
jumlah daging yg ada pada seporsi sate juga mengandung banyaknya kalori yg tidak bagus bagi kesehatan tubuh manusia. misalnya saja satu porsi sate ayam berisi 10 tusuk sate ditambah lontong yg juga mengandung 681,20 kalori, akan sama dengan jumlah kalori yg dihasilkan nasi plus sate 10 tusuk dengan protein sobat
5. salah arti fusion sate
karena banyaknya para penjual sate di indonesia dan banyak juga menginspirasi bahkan dibelahan dunia. menu sate seperti burger sate, sushimi sate dan masih banyak lainnya hanya burger dengan bumbu sate saja, karena sate ya sate dan bumbu ya bumbu. sate tidak bisa di katakan hanya sekedar bumbu saja melainkan sate itu adalah daing yg di tusuk-tusuk pada sebatang bilah bambu yg lalu dimasak dengan cara di bakar atau di goreng.


jadi jangan salah arti lagi ya sobat, jaga kelestarian makanan indonesia jangan sampai kita menginovasikan makanan sate ini dengan tidak bijak demi keuntungan yg besar. salam kaki lima street food

fans berat sate simak juga makanan tentang sate ini ya

0 Response to "anda penggemar sate ? inilah fakta unik sate ayam dan kambing bakar yg wajib sobat ketahui"

Post a Comment