anda bosan dengan makanan nasi goreng ? berikut adalah cara membuat nasi kebuli daging ayam lezat di rumah tanpa ribet

nasi goreng adalah makanan khas indonesia olahan nasi yg digoreng bersama makanan lainnya dan menghasilkan makanan olahan nasi yg digoreng dan enak. hampir semua warga negara indonesia mengenal baik makanan ini, bahkan sampai go internasional, penjualnya di indonesia sendiri sangat banyak sampai harus bersaing satu sama lain, dari hal itu para pedagang kini sudah semakin kreatif karena menginovasikan makanan nasi goreng. seperti nasi goreng gila solo, nasi goreng aa bistik dan nasi goreng kebon sirih.
tujuan dari hal tadi adalah untuk mengurangi daya saing berjualan nasi goreng, nasi goreng mempunyai jenis yg banyak dan salah satu kreasi dan inovasi dari nasi goreng adalah nasi kebuli. nasi kebuli adalah makanan khas arab namun dipadukan dengan resep masyarakat indonesia khususnya betawi. keluarga keturunan arab sangat mengidolakan nasi kebuli dan nasi ini biasanya memakai campuran dari daging kambing, dan inilah hebatnya warga indonesia dimana setiap masakan selalu di inovasikan dengan mengarang sendiri, guna memperkuat citra dari nasi kebuli sendiri, yg dulunya cuma berupa camuran daging kambing kini sudah menggunakan daging ayam.
cara membuat nasi kebuli daging ayam lezat di rumah tanpa ribet
nasi kebuli
dibetawi sendiri nasi kebuli ini banyak ditemukan terutama di restoran dan yg mengelolanya pun kebanyakan asli keturunan arab saudi. sebenarnya selain nasi kebuli nasi uduk juga merupakan makanan olahan nasi yg berasal dari betawi, dan nasi uduk juga tidak kalah populernya dengan nasi kebuli.
nasi kebuli khas arab ini umumnya merupakan campuran dari daging kambing namun seiring beberapa faktor kebutuhan daging kambing lebih susah dibandingkan daging ayam, dan faktor lainnya adalah masalah kesehatan karena sebagian besar menganggap daging kambing tidak baik untuk kesehatan tubuh terutama yg memiliki darah tinggi. menurut beberapa media terpercaya dan portal online terpercaya kalau awal mula nasi kebuli ini berasal dari arab saudi yg kemudian dibawa keindonesia dan menetap di indonesia. karena lezatnya dan citarasanya inilah yg membuat nasi kebuli sangat dicintai bahkan menjadi makanan khas betawi selain nasi uduk.
bagi sobat yg dekat atau sedang berada dijakarta sobat juga bisa mencicipi makanan nasi kebuli. seperti pada artikel sebelumnya yaitu team kaki lima street food merekomendasikan tempat nasi goreng kebuli apjay di jakarta yg tentunya dengan harga murah dan lezat.
bagi sobat yg berada jauh dari tempat tadi sobat bisa kok membuat sendiri dirumah, untuk cara pembuatannya pun terbilang mudah dan tidak susah karena proses pemasakannya hampir sama dengan makanan khas indonesia seperti nasi goreng pada umumnya.

permintaan akan daging kambing memang terbilang susah dan untuk harganyapun terbilang cukup mahal, namun dari hal ini kita bisa menyiasatinya dengan mengganti daging kambingnya dengan daging ayam yg tentunya sangat mudah didapatkan di pasaran. berikut adalah resep membuat nasi kebuli daging ayam enak dan lezat:

bahan-bahan yg dibutuhkan untuk membuat nasi kebuli diantaranya:
  • daging ayam sebanyak 3 ons atau sesuai selera
  • gunakan nasi dari beras yg pulen
  • susu kambing sebagai penguat rasa satu gelas kecil
  • bawang putih yg sudah dikupas - 4 siung dengan ukuran yang sedang
  • cengkeh sebanyak - 3butir
  • ketumbar - 1 sendokmakan
  • bawang bombay - 1buah kalau sobat malas dan susah mendapatkannya sobat bisa memakai bawang merah sebanyak 4buah
  • lada bubuk - 2sachet
  • kayu manis - 2 sampai 3 potong ukuran sedang
  • pala bubuk  setengah sendok teh dan minyak samin sebagai penumis
  • hal terakhir yg terbilang susah untuk mendapatkannya adalah kapulaga disini mamakai 3 buah kapulaga
proses tahap pembuatan nasi kebuli daging ayam lezat da mudah:
  1. pisah dan bersihkan terlebih dahulu daging ayam yg akan kita gunakan dari lemaknya, lalu rebus daging ayam kedalam air mendidih sampai matang. namun jika sudah matang jangan buang dahulu air dari hasil rebusan daging ayam tadi karena untuk digunakan sebagai kaldu
  2. potong daging ayam  besar-besar atau kecil-kecil sesuai selera sobat
  3. selanjutnya adalah membuat nasi aron, patut kalian ketahui nasi aron sendiri adalah nasi dengan tingkat air banyak berbeda dengan bubur nasi aron masih nampak bentuk berasnya, rebus beras pada bekas rebusan daging ayam tadi jika air sisa rebusan terlalu sedikit sobat bisa menambahkan susu kambing sebagai penguat rasa
  4. sementara kita menunggu nasi aron matang kita haluskan dulu beberapa bumbu seperti bawang putih dan bombay, ketumbar, lada, jintan, garam dan pala bubuk yg lalu akan ditumis dengan minyak dari samin. untuk menambah daya rasa
  5. masukan daging ayam yg sudah matang, dan beberapa rempah-rempah seperti capulaga, cengkeh, kayu manis, dan adukaduk terus agar bumbunya meresap kedalam daging ayam
  6. test rasa dengan sendok bila kurang garam tambahkan garam
  7. nasi aron sudah matang, lalu masukan kedalam campuran daging ayam dan rempah tadi dan aduk-aduk sampai semuanya menjadi satu.
  8. dan langkah terakhir adalah mengukus sampai benar-benar matang dan siap untuk disajikan di piring saji.

selesai deh kita membuat nasi kebuli daging ayam ini. sebenarnya untuk dagingnya sendiri kita bisa menggunakannya dengan daging lain semisal daging kambing dan sapi namun karena daging ayam lah yg paling sangat mudah untuk mendapatkannya. 
rekomendasi tempat makan nasi goreng gila dijakarta
sekedar info saja daging ayam sudah marak diperjual belikan dipasaran dan untuk permintaannya sendiri diindonesia sangat lumayan tentu beberapa pihak tidak bertanggung jawab mengakali daging ayam agar tidak cepat busuk dengan memakai boraks, sekedar tips juga untuk memilih daging ayam yg segar adalah dengan memegang dagingnya kalau tidak kencang berarti kualitasnya buruk dari warna pun kalau baik masih terlihat segar
faktor kesuksesan dari membuat daging kebuli juga ada pada dagingnya apakah itu daging ayam atau daging kambing. karena biasanya daging ini bau kalau kita tidak bisa memasaknya, maka dari itu perlu sebelum memasak daging kita perlu membersihkannya terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. tadi adalah cara dan sekedar tips buat sobat. semoga berhasil membuat nasi kebuli, selamat mencoba dan salam kaki lima street food. jangan lupa share dan bagikan biar yg lain ikut mencobanya juga ya sobat

0 Response to "anda bosan dengan makanan nasi goreng ? berikut adalah cara membuat nasi kebuli daging ayam lezat di rumah tanpa ribet"

Post a Comment