menikmati makanan daging kambing di warung makan tengkleng bu edi pasar klewer solo

daging kambing di warung makan tengkleng bu edi pasar klewer solo - jalan-jalan di pasar klewer emang selalu rame ya sobat. terutama disamping gapura dasi pasar klewer ini. nampak tenda biru yg dipernuhi banyak pengunjung yg sedang duduk manis, dan nampak juga deretan antri menghadap sang penjual yg sedang menyiapkan pesanan tengkleng.
pemandangan ini berada pada warung tengkleng milik Bu edi yg bertempat dipasar klewer. seperti yg orang jawa tau tengkleng ini merupakan sebuah kuliner khas solo juga mirip gulai isinya tulang dan mempunyai kuah yg lumayan encer.
awalnya warung makan tengkelng milik ibu edi ini dijajakan dengan berkeliling area pasar klewer saja tepatnya pada tahun 1971. warung makan tengkleng bu edi sekarang dikelola oleh ibu sulastri yang juga merupakan generasi ke-4 dari sebagai pengelola warung tengkelng bu edi. sekitar tahun 1980 warung tengkelng ini menetap ditempat yg hingga sampai sekarang ditempati dari warung tengkleng ini. makanan disini mempunyai rasa lezat yg tidak usah diragukan, bahkan cara penyajiannya dari tengkelng ini unik karena penyajiannya diatas pincuk yg memberi kenikmatan.
warung makan tengkleng bu edi pasar klewer solo
 warung makan tengkleng bu edi pasar klewer solo
pengunjung yg datang juga bisa menyeruput langsung kuahnya dari pincuk yg bisa dinikmati sambil berdiri ataupun duduk, menurut bu sulastri sendiri" sehari warung tengkleng bu edi bisa menghabiskan sampai 300 porsi". warung makan tengkleng ini dibuka mulai pukul 12.00 WIB, bahkan yg menjadi anehnya di warung makan disini yaitu sebelum warung tengkleng sempat dibuka para calon pembeli sudah mulai antre, mungkin karena takut kehabisan kali ya.
sebenarnya untuk jam tutup sendiri sampai sore sebelum maghrib, namun belum sampai tiga sampai empat jam dari jam bukanya, tempat tengkleng diwarung bu edi ini sudah ludes diserbu para pembeli yg datang. bahkan dari luar kota solo, disini bu sulastri membawa empat sampai lima panci tengkleng yg berukuran lumayan besar untuk sekali berjualan. dan pembeli juga bisa meminta atau memesan sendiri bagian dari daging kambing mana saja yg diinginkan seperti sumsum kambing, iga, lidah, pipi, jeroan, mata dan organ tubuh lainnya pada kambing. untuk kepala kambing sendiri disini sangat diminati. oleh karena itu warung tengkleng ini bisa menghabiskan sebanyak 60 sampai 70 kepala kambing dalam seharinya.

untuk harga sendiri diwarung tengkleng bu edi ini dibandrol dengan harga Rp. 25.000; itu juga bisa plus nasi atau tidak, cukup bersahabat dikantong bukan ?melihat satu porsinya merupakan kepala kambing yg besar.
untuk menu sendiri sebenarnya hanya kuah dan biasa saja, namun rasa dan varian kambingnya selain kepala kambing juga banyak ternyata, ada tulang kambing yg mempunyai bobot sampai 50 kilogram, 20 kilogram jeroan, dan 80 buah kaki kambing untuk seharinya. untuk bumbunya sendiri disini memakai bumbu biasa saja dan tidak ada yg spesial namun resep disini berdasarkan turun temurun dari pendiri pertama yaitu ibu edi. bumbu yg digunakan pun terbilang sangat sederhana yaitu berupa bawang merah dan putih, merica, kemiri, ketumbar, jahe, dan lengkuas. memang kalau rempah di indonesia sudah tidak bisa diragukan lagi untuk sebagai penyedap rasa kuliner nusantara kita.

tengkleng diwarung bu edi pasar klewer ini banyak digemari berbagai kalangan mulai dari masyarakat menengah kebawah sampai para pejabat tinggi yg berpenghasilan mennengah keatas, para pejabat yg pernah makan diwarung makan ini ada walikota solo yg juga pernah menjadi gubernur Jakarta yg sekarang menjabar sebagai orang nomer 1 indonesia yaitu IR jokowidodo. menurut ibu sulastri dirinya sering diminta agar mengantarkan makanan tengkleng ini kekantor dinas walikota solo di loji gandrung bahkan pernah kejakarta saat idul fitri hanya untuk mengantarkan makanan ini ke kediaman jokowi dinas. selain presiden jokowi juga ada pejabat lainnya yg pernah makan dan singgah dirumah makan tengkleng bu edi ini dipasar klewer seperti pak wiranto dan Harmoko. mereka sering memesan untuk keperluan acara-acara penting seperti peresmian dan lain-lain.
selain digapura pasar klewer sendiri warung tengkleng bu edi ini mempunyai cabang seperti di kawasan wisata kuliner ladag langen BOgan(Galabo) tepatnya di Jl mayor sunaryo dan sekitaran pasar jongke laweyan solo.
bahkan makanan ini juga sekarang banyak penirunya hingga makanan tengkleng banyak dijumpai di solo dan pelosok kota solo. yap makanan berupa olahan daging memang sangat digemari sekarang, selain sate kambing bahkan bukan hanya sate saja varian dari kambing ini sering dibuat untuk makanan lain seperti tongseng, dan ini juga menjadi favorit disolo. dan beberapa warung makan terkenal disolo selain di warung tengkelng bu edi di pasar klewer ,banyak juga warung dengan kepopuleran yg tinggi disolo, diantaranya:

  1. warung sate kambing ibu haji bejo, di jalan sebakung (Jl. perunggu 10), loji wetan, buka 07.00-16.00 WIB
  2. sate mbok galak di jalan Ki mangunsarkoro no 122, sumber yg buka pada pukul 07.00-jam 7 sore WIB
  3. sate kambing tambak segaran asli di jalan Sultan syahir no 149 setabelan
  4. tongseng Man gullit yg berada di jalan parang gesit tepatnya di (pertigaan jalan DR. radjiman-agus salim) sondakan buka jam 7 dan tutup jam 19.00 sore WIB
  5. tongseng buntel pak min sinthong katangan Seberang masjid riyadh di pasar kliwon, buka dari jam 10.00 sampai 17.00 WIB
Baca Juga: olahan makanan Tulang sumsum  bakso oii bandung

jadi yg dekat-dekat dengan lokasi tersebut gimana soal harganya sendiri? dan gimana rasanya ? komen dibawah ya,, jangan lupa mampir juga di pasar klewer untuk menikmati tengkleng bu edi. dijamin bakal ketagihan
semoga menginspirasi dan salam kaki lima street food sobat semua.
jangan lupa bantu share dan like ya sobat
Rekomendasi: resep sate daging ayam
lokasi :
warung makan tengkleng bu edi
Gapura pasar klewer jalan Radjiman
buka jam 12.00
harga Rp.25.000

0 Response to "menikmati makanan daging kambing di warung makan tengkleng bu edi pasar klewer solo"

Post a Comment