Ke sadang Purwakarta ? wajib makan makanan khas ini .. juara banget

soto merupakan salah satu makanan khas asli indonesia biasanya soto ini adalah kadlu bening dengan suwiran daging ayam atau sapi yg enak di makan saat masih hangat, soto juga bisa buat penyegar serta bisa juga sebagai pengisi perut saat dalam perjalanan.
referensi food.detik.Com juga sih ..
Sadang purwakarta ini di kenal dengan kawasan daerah industri dan juga merupakan perlintasan dari atau ke jawabarat via subang kalijati biasanya. apalagi jika hari raya datang dan musim mudik datang kawasan ini hampir tidak pernah sepi ya di lintasi oleh para pemudik.
dan dimasa-masa seperti ini juga pak karta dan keluarga yg membuka warung Soto sadang asli yang pertama kali  yg membuka warungnya dan selalu di banjiri oleh pemudik atau pembeli, karena letaknya sangat strategis yaitu di sisi jembatan jalan veteran, posisinya tepat sekali di pinggir rel kereta api.
soto sadang ini dibuka pada tahun 1970 dulunya hanya berupa warung kecil yg dibuka hanya untuk pemasukan keluarga saja karena pak karta yg hanya pegawai KAI merasa tidak cukup untuk mencukupi anaknya yg ada 14 orang.
Banner depan soto sadang asli || lezatalakakilima

sebenarnya sih racikan pertama kali yg di buat bu karta adalah soto mie. dan inipun semata-mata cuma untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan di peruntukan hanya untuk melayani pegawai KAI saja.
kata mas wawan yg juga pemilik soto sadang asli yg juga anak pak karta yg juga penerus soto ini " disini semuanya dimasak oleh ibu sendiri. warung kecil kami lama-kelamaan tidak bisa menampung pengunjung"
RM ini sudah punya tempat yg luas sekarang yaitu di samping rumah dinas KAI tepat sekali bersisian dengan Rel KA.
Tampilan Rumah makannya pun terbilang sederhana dan cuma kursi atau meja berjejer mengelilingi ruangan, dan hanya ada kerupuk kanji yg menghiasi ruangah RM nya.
untuk menunya terdiri dari dua jenis menunya olahan soto semua yg membedakannya hanya kuahnya saja ada soto dengan kuah bening dan ada juga soto dengan kuah santan. isian sotonya pun beraneka ragam kita bisa memilihs endiri ada daging, babat, daging ayam, kaki atau campuran dari semuanya. untuk satu porsi disini harganya yaitu Rp. 30.000.
asal muasal soto ini sebenarnya berasal dari kota bogor tepatnya ibu dari mas wawan ini berasal dari bogor.
soto daging bening ini di sajikan dengan hiasan warna biru, kuahnya terlihat bening. irisan daun bawang taburan bawang merah dan emping turut menjadi tutup di permukaan nya.
begitupun dengan soto ayam  hampir sama, kuahnya pun sama bening namun isiannya berupa suiran daging ayam yg sebelumnya sudah di goreng.
begitu juga dengan soto santan, warnanya kuning pucat tidak seperti soto kuning dari bogor, kaldunya pun berasal dari rempah yg di ikat dan di rebus sampai merata.
selain menu olahan soto ada lagi seperti ayam goreng dan tahu tempe oia untuk pelengkapnya juga selain ada bawang goreng disini juga ada sambal rawit dan mentimunnya juga lho.
acar,cabe rawit dan jeruk nipis ||  lezatalakakilima

disini ada acar dan warnanya hijau cerah yg menandakan masih segar rasanya asam dan tak berlebihan, cocoknya di temani cabai rawit dan bawah merah sebagai campurannya. tampilannya sangat menarik mengingatkan pada soto betawi.
Soto sadang asli kuah bening || lezatalakakilima

oia suasana di tempat ini semakin tenang emskipun suara Kereta yg melintasi suaranya terdengar nyaring namun itu mencari khas tersendiri.
di dalam perkembangannya soto asli sadang ini juga membuka cabang yg tak jauh dari lokasi sekarang.
untuk resepnya sendiri disini masih tetap di jaga yaitu resep turun temurun dari keluarga mas wawan.
letak rumah makan cabang strategis dan yg tidak tau atau jarang ke purwakarta jadi tau karena untuk menemukannya terilang mudah daripada rumah makan mas wawan yg terselip di sisi jembatan.

Soto sadang asli
Jalan Veteran, jembatan layang sandang
Purwakarta

0 Response to "Ke sadang Purwakarta ? wajib makan makanan khas ini .. juara banget"

Post a Comment