Pedesan Entog Khas indramayu makanan lezat dan sangat murah

indramayu - pedesan entog adalah sebuah olahan dimana di indramayu jawabarat makanan ini menjamur dan menjadi khas di kota yg di kenal dengan "remaja" religius, mandiri, dan sejahtera. dimana bahan dasar nya yaitu berupa entong atau Mentok , pada awalnya pedesan entog  berkembang di kecamatan lelea indramayu. entog adalah sejenis itik yg punya leher pendek yg cara pemasakannya dimasak seperti gulai yg bumbunya biasanya kuning pekat dan pedas. kata atau nama pedasan sendiri dari kata pedas yaitu pedas pisan atau pedas sekali. di indramayu banyak sekali RM yg menyediakan menu dengan olahan pedesan entog, seperti di Jl. Olahraga, tepatnya di sekitar area sport center indramayu yg bernama RM. PEDESAN ENTOG & AYAM BANG "COMBET".
Pedesan entog combet || Lezatalakakilima

belum banyak yg mengembangkan menu pedesan entog untuk di jual pada masa kelahirannya di lelea dan pada tahun 2002 tepatnya, dadang dan istrinya cadesi membuat olahan masakan pedesan entog dan mulai menjualnya di daerah sekitar pindangan, " awal mulanya RM ini menjuak ikan bakar, sate, dan banyak lagi, namun semenjak pedesan entog turut masuk kedalam menu malah yg laku pedesan entognya",ungkap ibu cadesi
tahun 2003, di event PORDA (Pekan olahraga daerah) dadang dan ibu cadesi membuat peruntungan untuk berjualan di sekitar sport center yg kebetulan tempat dimana PORDA ini berlangsung. " awalnya sih hanya menyewa tempat 10 hari, dan karena laris banget dan banyak pengunjung yg menyarankan untuk terus disini akhirnya kami disini sampai 7 tahun" ungkap cadesi. bahkan dadang dan cadesi pun sudah mampu dadang dan cadesi sudah bisa membeli lahan di sekitaran sport center atau di samping warungnya sebagai tempat tinggal mereka. namun warung nya sendiri masih menyewa, "kalau ini di jual saya sudah minat karena saya disini sudah sampai 2017" ungkap bu cadesi.
dalam satu hari RM pedesan Bang combet mampu menghabiskan 15 ekor entog ukuran dewasa dan bisa sampai 20 ekor ukuran kecil, untuk jumblah porsi dalam sehari RM ini bisa menghabiskan 150-200 porsi pedesan entog yg laku terjual di RM pedesan bang combet.
istimewanya di pedesan bang combet adalah bumbunya yg terdiri dari kemiri, jahe, bawang merah dan putih, merica,laos dan banyak lagi rempah-rempahnya. untuk di gabung agar meresap dan tercampur dengan daging bebek yg ber tekstur seperti daging bebek namun disini entog lebih tebal, menurut sebagian orang di indramayu enak jika pedesannya sudah tidak bau anyir yg di timbulkan dari daging entog. dan rempah tadi juga di maksudkan bisa menghilangkan bau anyir nya. dan pembersihan daging entognya juga harus berulang-ulang sampai bersih jangan sampai ada darah yg masih menempel yg menimbulkan bau tidak enak.
membuat bumbu pedesan ini tidak boleh sembarangan dan penggorengannya pun dengan api kecil dan sangat lama bertujuan untuk tidak gosong dan matang merata.
pedesan entog Combet || lezatalakakilima

tidak bisa dadakan, ibu cadesi biasanya sudah menyiapkan bumbunya sekitar 7 kg untuk dua hari dan cara pembuatannya pun lama dan harus terus di aduk-aduk, dan bumbu ini juga yg di rebus bersama daging entog sampai dua jam. sampai daging entog terlihat empuk dan bumbunya benar-benar masuk dan meresap.
untuk hasilnya sangat lezat karena tekstur daging entognya khas dan empuk dan baunya pun tidak anyir. rasanya pun manis dan pedas karena perpaduan gula dan cabe rawit.
untuk satu porsi pedesan entog di RM pedesan entog bang combet di jual dengan ahrga Rp. 10.000 dan selain enu pedesan entog nya disini juga tersedia entog goreng dan ayam goreng.
jadi bagi kalian yg mencari tau apasih salahs satu kuliner khas indramayu ? ya ini dia pedesan entog. jadi buat kalian yg mau datang kesini datang ya di Jl.olah raga area sport center indramayu. Di jamin tidak mengecewakan bahkan membuat ketagihan.
bagi yg tidak tau tempatnya tenang di akhir postingan sudah ada google map sebagai penunjuk arah , akhr kata terimakasih ya.. see u di postingan selanjutnhya

0 Response to "Pedesan Entog Khas indramayu makanan lezat dan sangat murah"

Post a Comment