berita unik aneh tapi nyata gurita raksasa yg mengejutkan dunia

berita unik tapi nyata gurita - gurita atau di indonesia sendiri seringkali di sebut dengan oktopus ini merupakan salah satu hewan moluska atau dalam bahasa sehari-hari adalah hewan bertubuh lunak ada beberapa juga yg termasuk kedalam hewan moluska ini seperti siput, keong, cumi-cumi dan lain-lain yg dengan atau maupun tanpa cangkang. gurita sendiri berasal dari klas cephalopoda. cephalopoda berasal dari bahasa latin cephallus yg mempunyai arti kaki dari hewan ini terletak di kepala. dalam konteks gurita ini yaitu tentakel dimana mempunyai funsi sebagai alat penggerak. habitat atau tempat hidup aslinya dari gurita ini adalah pada  yg terumbu karang di laut atau samudra yg luas. spesies dari gurita sendiri sangat banyak di belahan bumi ini terdiri dari 289 spesies cukup banyak untuk hewan yg dis ebut juga dengan oktopus ini. mencakup sepertiganya dari spesies cephalopoda. octopus sendiri berasal dari bahasa inggris kalau dari yunani (octanuc) memiliki arti hewan tentakel yg berkaki delapan. dalam hal ini lebih tertuju kepada hewan dengan genus octopus.
berita unik aneh tapi nyata gurita raksasa
Gurita laut dalam
gurita sendiri tidak mempunyai cangkang seperti keong, siput atau pada hewan lainnya. bahkan tidak punya cangkang pada bagian dalam seperti cumi-cumi atau sotong. senjata utama dari hewan ini adalah paruh yg di gunakan untuk mengoyak daging mangsa nya.
jadi inilah beberapa berita unik aneh tapi nyata gurita raksasa yg mengejutkan dunia :

  1. walaupun ukuran otak gurita hanya sebesar ujung jari kelingking namun perlu kalian ketahui gurita ini sangat cerdas. ada yg masih ingat piala dunia tahun 2010 ? dimana ada salah satu gurita yg meramal hasil pertandingan selalu tepat gurita ini bernama paul, dimana cara paul emmilih team yg akan menang adalah dengan memilih makanan yg ada di antara dua kotak dimana di kotak tersebut sudah di tempeli kontestan yg akan bertanding sepak bola pada piala dunia. tentu kalau si paul tidak cerdas dia akan cuek setelah di kasih makanan. gurita juga di sebut-sebut hewan tercerdas di dalam spesiesnya.
  2. gurita memiliki mata yg kompleks seperti mata pada manusia. luar biasa bukan ? tentu penglihatannya sangat baik mata gurita juga bisa membedakan perubahan arah getar gelombang pada cahaya atau di dalam ilmu IPA biologi sering di sebut dengan polarisasi. pupil gurita tidak seperti manusia yg bulat namun mereka lebih terlihat cekung. dan yg paling aneh tapi nyata adalah ketika posisi tubuh mereka kepala di atas atau di bawah objek penglihatan mereka tetap sama. tidak berubah.
  3. merupakan makhluk soliter (bersendiri-sendiri atau berpasangan) dan gurita juga tidak mempunyai cangkang. dari hal inilah terkadang kehidupan gurita sangat rentan terhadang penyakit atau serangan predator lainnya seperti hiu-dan lain-lain.
  4. salah satu gurita yg di sebut juga vampir squid dapat menghasilkan cahaya sendirimeskipun dia berada di dalam kedalaman laut yg gelap. mereka menghasilkan cahaya yg di bidang biologi disebut potopores.
  5. gurita juga bisa menggigit sobat kaki lima street food. sebenarnya senjata ini mereka gunakan untuk mengoyak daging mangsanya seperti kepiting dan beberapa moluska sebagai makanan mereka. namun jika mereka merasa terancam oleh kehadiran kita mereka juga bisa melindungi dirinya dengan memasang senjata yg di sebut paruh. jadi sobat jangan pernah menempelkan tangan sobat kekepala gurita ini.
  6. gurita tidak mempunyai kerangka luar atau kerangka dalam. jadi dari hal ini juga gurita bisa bersembunyi menghindari musuh atau pemangsa lain diantara bebatuan meskipun ber celah kecil.
  7. gurita mimic atau di sebut juga Thaumoctopus mimicus adalah gurita penyamar ia mampu merubah warna bahkan ia bisa menirukan hewan lain atau benda-benda sekitar seperti batu cukup aneh tapi nyata bukan?
  8. memiliki jantung berjumlah 3 buah yg mempunyai fungsi 2 buah jantung memompa darah dengan insang dan yg ketiga memompa darah ke seluruh tubuh berbeda dengan manusia yg hanya memiliki satu jantung yg di pompakan ke seluruh tubuh kita.
  9. semua spesias atau kingdom gurita ini berbisa. namun salahs atu gurita yg paling berbahaya dan mempunyai bisa yg bisa mengakibatkan kematian pada manusia adalah gurita cincin.
  10. darah gurita berwarna biru, basis umum dari darah gurita ialah tembaga yg di sebut juga dengan bahasa ilmiah hemocyanin yg bisa menghasilkan warna biru, berbeda dengan mansia yg pada dasarnya mempunyai basis besi yg menghasilkan warna merah. cukup aneh tapi nyata kan ?
  11. pernah melihat tentakel dari gurita ? terlihat ada beberapa tonjolan penghisap bulat-bulat ? itu bisa menghisap meskipun benda yg di hisap berbobot 15kilogram. sangat sensitif dan bisa flexibel melipat sendiri.
  12. sifat alami gurita sebagai hewan kanibal atau hewan yg bisa memakan dari jenisnya sendiri. dari artikel berita ternama pernah ada hewan gurita betina yg bisa membunuh gurita jantan yg habis kawin dengnnya sampai 13 kali.
  13. gurita mampu bertelur banyak sampai 400.000 butir telur dalam sekaligus. untuk melindungi telur sang ibu gurita sampai tidak makan dan bahkan dalam keadaaan lemah ibu gurita bisa meninggalkan sarangnya dan ini tentu rentan terhadap serangan pemangsa lain. riset membuktikan kalau ibu gurita mati dalam sekian jam setelah mereka melahirkan.
  14. sebagian besar dari kehidupan gurita hanya mampu bertahan hanya 3 sampai 5 tahun saja yg juga kemampuan mereka dalam emngumpulkan informasi sangat teratas
  15. jika gurita ini mampu hidup lebih sangat lama mungkin gurita akan menjadi dominan di muka bumi ini.

baca juga: fakta unik lobster yg hidup ratusan tahun, serta fakta unik dari makanan legendaris indonesia yg sedang booming tahu bulat

jadi meskipun gurita ini sangat enak sekali ketika di masak apalagi tekstur dari tubuh mereka yg tidak emmpunyai tulang dan tentunya empuk untuk di nikmati bersama saus seperti saus tiram dan saus asam manis. gurita juga mempunyai fakta dan berita menarik yg aneh tapi nyata. tentu atas dasar tadi kita tidak mengeksploitasi keadaan gurita yg mengakibatkan gurita menjadi punah. simak berita fakta menarik dari hewan yg ketika dimasak enak tetap di kaki lima street food ya sobat jangan lupa bantu share artikel ini di bawah

1 Response to "berita unik aneh tapi nyata gurita raksasa yg mengejutkan dunia"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete