cara dan resep membuat tahu bulat sumedang yang di goreng dadakan gurih dan mudah


cara membuat tahu bulat sumedang di goreng dadakan mudah dan gurih - mendengar kata dari makanan yg fenomenal di era sekarang ini yaitu tahu bulat jadi pengen nyanyikan jingle nya yg khas itu ya. tahu bulat..digoreng.. dadakan.. dimobil... lima ratusan.. helo...
siapa sih yg tidak tau makanan yg ngetren saat ini ? memang pesona tahu bulat memang tidak bisa di pungkiri selain rasanya yg gurih dan meskipun sebagian besar isinya ialah kopong atau tidak ada namun makanan ini sudah menjamur di indonesia khususnya di pulau jawa. dimana cara para penjaja tahu bulat ini menawarkan dagangannya dengan cara berkeliling kampung dengan mobil pick-up sambil di iringi jingel lagu yang keluar dari pengeras suara tentunya khas seperti pada lirik lagu di atas.
tekstur dari tahu bulat ini tentunya bulat sesuai dengan namanya dan kopong atau tidak berisi sebenarnya tidak kenyang kalau begini, dan saya sendiri kurang suka namun disinilah salah satu daya tariknya tahu bulat kopong yg di goreng dadakan ini memang gurih di santap saat masih hangat dan karena hal inilah para penjaja tahu bulat sering menggorengnya secara dadakan di atas mobil karena pada saat dingin makanan tahu bulat ini akan lebih gampang mengalami pengempesan seperti layu dan tampak tidak bulat lagi. dan pertanyaan besar saya adalah kenapa tahu bulat ini harus kopong dan tidak isi saja ? seperti isi inovasi daging atau sebagainya seperti tahu sumedang ? jangan salah juga ya ternyata di sumedang juga ada lho tahu bulat mungkin karena semakin terkenalnya jajanan tahu bulan dan para pembuat tahu sumedang memvariasikan pembuatan tahu sumedang dan tahu bulat yg aslinya dari tasikmalaya.

tahu bulat sumedang kopong
tahu bulat sumedang kopong

waktu yg pas untuk memakan tahu bulat ini adalah di waktu hujan atau cuaca sedang dingin ya karena tentu tahu bulat yg di goreng dadakan ini membuat hangat tubuh kita apalagi kita memakannya sambil di cocol kedalam sambal dan bon cabe tentu sangat lengkap rasa nikmat yg di rasakan di lidah. apalagi di musim penghujan seperti ini, namun salah satu kendalanya adalah menemukan abang-abang penjaja makanan tahu bulat yg di goreng dadakan ini sangat susah ya karena faktor cuaca. namun jangan khawatir kita juga bisa membuat nya sendiri di rumah. tahu bulat sumedang yg di goreng dadakan bukan di mobil namun di dalam rumah sendiri. untuk bahan-bahan yg di perlukan juga terbilangs angat mudah karena kita bisa mencarinya di toko swalayan seperti di alfamart atau indomart terdekat di sekitar rumah sobat.
satu lagi sebenarnya untuk membuat tahu bulat sumedang ini sedikit menggunakan keahlian kita, kenapa meski memakai keahlian kita ? karena kopong dan tipisnya bagian luar kulit dari tahu bulat sumedang ini berbeda dengan pembuatan bakso, sosis, dan lain-lain namun tenang saja cukup teliti dan hati-hati saja ya dalam prosesnya sobat bisa membuatnya dengan mudah. sama seperti pada pembuatan kue onde-onde wijen ataupun pembuatan donat , pembuatan tahu bulat juga memakai bahan pengembang, berbeda dengan makanan yg saya sebutkan tadi karena dengan soda, kali ini pada tahu bulat kita akan menggunakan banking powder. sama seperti pada fungsinya yaitu sebagai pengembang agar tahu bulat nantinya akan mengembang sempurna dan tentu berongga di dalamnya alias kopong. namun memang benar proses menggunakan bahan pengembang ini lumayan agak sulit karena rata-rata para pembuat kuliner tahu bulat ini sering mengeluh karena gagal mengembang atau tahu yg di goreng kempes dan tidak gurih dan crispy. selain hal pengembang sobat juga harus memperhatikan adonan tahunya karena adonan ini harus kering dan tidak basah pokoknya nanti seperti ampas di usahakan adonan ini tidak terlalu banyak mengandung zat air. jadi sebelum ke tahapan selanjutnya sama adonan harus di peras dahulu sampai benar-benar kering. lalu sobat boleh menyimpannya di kulkas dengan suhu yg tidak terlalu dingin. ini kenapa ? karena jika suhu di dalam kulkas terlalu dingin akan mengakibatkan tahu bulat yg disimpan nantinya pas di goreng akan susah buat mengembang. dan tujuan lainnya dari adonan tahu bulat ii di simpan di dalam kulkas adalah mensiasati agar zat pengembang dari banking powder tidak bereaksi berlebihan ketika di luar suhu dingin. hal lain yg harus sobat perhatikan dalam membuat tahu bulat sumedang yg di goreng dadakan adalah cara oenggorengannya, dimana kita harus benar-benar teliti dan menggunakan api sedang, minyak gorengnya pun harus yg masih bagus atau baru dan menggorengnya pun harus exstra selalu di aduk aduk agar tingkat kematangan dari tahu bulat sumedang ini merata.

jadi inilah saatnya kita bersiap untuk membuat tahu bulat sumedang yg nantinya akan kita goreng dadakan. sudah tahu kan sejarah dan beberapa sedikit trik dan tips dari pembuatan tahu bulat sumedang yg kopong ini ? simak baik-baik ya sobat semua cara dan resep membuat tahu bulat sumedang yang di goreng dadakan gurih dan mudah
resep by dian fitryani

bahan yang di perlukan antara lain :
  • 15 buah - tahu putih halus sedang
  • 3 buah - telur (kuning telurnya saja)
  • 3 sendok teh - masako atau kaldu bubuk
  • 1 sendok teh - banking powder
  • 1 kilogram - minyak goreng
Baca Juga : fakta unik tahu bulat bikin ngakak, cara membuat seblak basah pedas


langkah-langkah cara dan resep membuat tahu bulat sumedang yang di goreng dadakan gurih dan mudah :
  1. pertama sobat harus bersihkan terlebih dahulu bahan tahu putih nya, lalu haluskan dan saring airnya dengan kain tipis bersih (peras) usahakan sampai tahu benar-benar kering dan tidak ada lagi kadar air yg terkandung seperti parutan kelapa.
  2. langkah selanjutnya adalah memasukan kuning telur tadi yg ada pada bahan beserta baking powder dan masako nya aduk secara manual atau bisa memakai pengaduk otomatis kalau punya, jangan lupa tes rasanya.
  3. langkah ketiga adalah membentuk adonan tadi menjadi bulat sampai kulit bagian luar tahu menjadi halus lalu masukan ke dalam kulkas yg bersuhu sedang sesuai dengan tips tadi di atas.
  4. setelah beberapa jam 4-5 jam lalu sobat bisa keluarkan tahunya dari kulkas diamkan terlebih dahulu selama lima menit. sambil menunggu sobat bisa siapkan minyak goreng di wajan dan panaskan untuk menggoreng adonan tahu bulat sumedang ini. pastikan api yg di gunakan menggunakan api kecil dan goreng. aduk-aduk terus agar matang sempurna.
  5. setelah di aduk-aduk dan tahu bulat sumedang pun berubah warna menjadi agak kecoklatan dan itu menandakan tahu bulat sudah matang dan siap di sajikan.
  6. dan yg terahir sobat bisa sajikan bersama cabe pedas atau boncabe , makan selagi hangat dan .. terasa nikmat

gimana ? termasuk mudah bukan untuk prosesnya sendiri ? inti dari pembuatannya sebenarnya terletak pada penggunaan baking powder, karena baking powder jugalah yg menentukan tahu ini akan emngembang atau tidak pada saat di goreng. sobat tidak perlu lagi menunggu abang penjual tahu bulatnya karena sudah bisa membuatnya sendiri di rumah. kata sebagian orang juga enaknya masak dan makan sendiri tuh kita bisa menjamin kebersihannya dan tentu meski jika rasanya kurang enak karena buatan dari tangan sendiri memang terasa nikmat. selain sobat bisa menambahkan topping seperti bon cabe rawit sobat juga bisa memakan tahu bulat ini sengan seblak atau mie kocok bandung. dan semakin membuat hot dan nikmat. selamat mencoba dan berinovasi sendiri. sekian dulu salam kaki lima street food. tetap tunggu update an terbaru kami ya..

0 Response to "cara dan resep membuat tahu bulat sumedang yang di goreng dadakan gurih dan mudah"

Post a Comment