fakta unik tentang lobster

siapa ya yg tidak tau dengan binatang yg satu ini ?ya.. hewan yg memiliki dua capit besar seperti kepiting ini lebih di kenal dengan sebutan udang raksasa.
lobster banyak di jadikan olahan makanan yg bergizi di indonesia seperti loster pedas manis, lobster saus tiram dan masih banyak lagi.

hewan yg tinggal kebanyak di perairan laut atau air asin ini mempunyai daging yg lumayan banyak, manis, lembut dan beraroma laut. tentunya memiliki nilai ekonomis yg tinggi seperti harganya yg lumayan mahal.
dan di antara banyak kelebihan hewan ini, ternyata hewan yg sangat lezat ketika sudah di jadikan makanan ini adalah hewan "abadi secara biologis". meskipun demikian, bukan berarti lobster ini tidak bisa mati ya. jadi apasih yg di maksud hewan abadi secara biologis ?
langsung otw gan hehe....
tahukah sobat, di bandingkan dengan manusia yg kalau bertambah usia maka semakin melemah dan tua maka lain hal nya dengan lobster. lobster akan semakin besar dan kuat seiring perkembangannya, jadi hal ini di sebabkan lobster yg merupakan hewan abadi secara biologis.

menurut para peneliti yg mengamsumsikan pendapatnya tentang lobster , bahwa lobster di sebut juga makhluk abadi karena mereka memiliki kemampuan dengan menghasilkan enzim  telomerase yg bertujuan mengatur setiap telomere yg terdapat pada setiap ujung kromosom. fungsinya pun sebagai pelindung DNA dari degradasi. kalau pada manusia jika telomere ini membelah maka akan terjadi degradasi usia yg akan mengakibatkan seseorang menjadi lebih buruk.
maka lobster ini tidak sama dengan manusia . dimana jika lobster bertambah usia maka secara fisik lobster akan semakin menguat dan besar, sedangkan pada manusia sebaliknya akan semakin memburuk seiring bertambahnya usia.

namun jika terdapat penyakit atau luka pada bagian external hewan ini, hewan ini pun akan mati. lobster terbesar yg pernah di temukan di muka bumi ini mempunyai berat 20 Kg scotia canada.
dan seiringnya bertambah usia lobster maka akan semakin membesar secara fisik dan tentunya membuat cangkangnya secara otomatis membesar pula, dan memaksa mereka melepaskan cangkang yg lama dan barulah terjadi pertumbuhan cangkang yg baru. nah dalam proses ini lah lobster rentan terhadap serangan pemangsa lain seperti bakteri yg akan menimbulkan penyakit pada tubuh mereka.

bahkan meski tempat lobster ini di akuarium yg bersih dan terjaga namun tidak menutup kemungkinan terbebas dari penyakit bakteri ini. namun meski pun begitu faktor cangkang yg membersar setiap umur lobster ini bertambah membuat cangkang mereka semakin berat dan susah untuk melepaskannya, jadi beberapa hewan lobster ini bahkan sering mati karena masih terjebak di dalam cangkang nya yg lama dan berat tersebut.
fakta unik tentang lobster lainnya adalah : pada tahun 1800an lobster ini justru di anggap makanan sampah di berbagai dunia. jadi harganya juga relatif murah , bahkan biasanya lobster juga di berikan kepada tahanan selama era kolonial belanda karena sebanding dengan hewan tikus.
begitu kontras bukan di era sekarang ? dimana harga lobster justru melambung tinggi dengan nilai ekonomis yg melejit, seperti di berbagai rumah makan di indonesia yg menyediakan menu seafood berolahan lobster seperti pada kuliner indramayu tepatnya di RM. perdut dan RM mina.

0 Response to "fakta unik tentang lobster"

Post a Comment