bolehkah ibu hamil makan mie instan? apa saja bahaya makan mie instan ? setelah membaca ini anda tidak usah ragu memakannya karena inilah faktanya


faka dan kepastian bahaya atau tidak memakan mie instan - kalau membahas makanan yg satu ini memang tidak akan pernah ada habisnya. di indonesia sendiri awal mula kemunculan makanan ini pertama kali diperkenalkan oleh PT supermie indonesia dan PT sanmaru food manufacturing indonesia ltd. hasil produk dari PT yg sudah berdiri dari tahun 1968 ini diantaranya supermi dan indomie. dimana sampai sekarang yg tetap eksis yaitu indomie. hampir semua warga negara tahu dan bahkan sudah memakan mie instan. 
fakta unik mie instan dan bahayanya
mie instan cup
 mie instan ini sendiri merupakan mie yg sebelumnya sudah pernah di masak dan mempunyai campuran berupa bumbu dan campuran minyak cara memasaknya pun terbilang mudah karena sobat hanya bermodal air panas saja. untuk ragam nya sendiri mie instans angat banyak ada mie rebus, mie goreng dan bahkan ada juga mie yg berada di wadah cup. namun seiring perkembangan medis dilansir dari media-media online tersebar kalau memakan mie instan sangat buruk bagi kesehatan pada tubuh manusia. seperti kerusakan hati, gagal ginjal, diabetes, kencing manis, meningkatnya kadar kolesterol, mengganggu hormon kejantanan pria, meningkatkan tekanan darah yg tinggi, menurunkan metabolisma, menyebabkan kangker, menggugurkan kandungan bagi ibu hamil, memicu stroke, mengganggu pencernaan dan masih banyak lagi. wah cukup berbahaya ? jangan takut dulu mari kita selidiki dan mari kita cek bersama-sama fakta-fakta unik dari memakan mie instan antara lain :
  1. pernah memakan mie instan dalam cup atau wadah yg terbuat dari sterofoam ? apakah itu beracun ? tenang saja itu sudah aman kok. kemasan dari sterofoam itu nyatanya aman dan sudah lulus uji dari BPOM (badan pengawas obat makanan) tentu sebelum mie dalam cup atau wadah ini di edarkan ke seluruh penjuru indonesia tentunya pada saat di produksi sudah melewati proses yg layak dan detail agar sterofoam ini tidak ikut larut kedalam air panas. sobat pernah kan makan mie di wadah cup namun tangan sobat tidak merasakan panas sama sekali ? tentu inilah salah satu kelebihan dari sterofoam ini yg mempunyai funsi untuk menyerap panas. tentu sobat tidak perlu lagi takut akan kemasan ikut melumer terkena panas dari air seduhannya.
  2. memasak mie instan beserta bumbunya dapat mengakibatkan kanker ? katanya pada saat di suhu 120 derajat bumbu dari mie instan ini dapat bereaksi dan berubah menjadi karsinogen (senyawa yg mengakibatkan kanker) akibat dari pemasakan yg berlebihan. sebenarnya tidak semua itu tidak benar karena riset membuktikan kalau kandungan karsinogen tidak pernah di temukan pada mie yg proses pemasakannya sampai bersuhu 120 derajat. justru kenapa tidak boleh sampai 120 derajar untuk memasak mie ini karena akan mengurangi rasa dan lezatnya mie instan ini. mie instan juga sudah matang dan sudah di amsak setengah matang sebelumnya dan pada kemasan biasanya di anjurkan untuk memasaknya sampai 100derajat saja. untuk kuahnya sendiri bisa sampai 300cc. kalau kebanyakan dari yg dianjurkan oleh produsen maka rasa mie akan hambar bahkan terkesan tidak ada rasanya.
  3. beredar isu adanya zat lilin pada kandungan mie instan agar mie instan tidak melekat satu sama lain. tentu salah dan tidak benar bukan akrena zat ini mie instan tidak lengket namun pada mie instan sudah ada kandungan minyak. dan ada proses deepfryying yg mempunyai tujuan agar kandungan kadar air bisa berkurang yg mengakibatkan mie instan terlihat kering dan tentunya awet. dan melewati proses inilah kandungan minyak ikut tersera kedalam mie dan pada saat pemasakan kandungan zat minyak ini keluar karena di panaskan. jadi isu beredarnya tentang zat lilin ini tidak benar ya, jangan pernah termakan oleh berita hoax yg tidak penting.
  4. tidak baik memakan mie instan di campur bersama nasi putih, sudah pernah memakan atau melakukan hal ini ? ya sebagian besar dari sobat mungkin sudah pernah melakukan hal ini apalagi buat sobat yg tinggal di kosan atau tidak mempunyai pendamping tentunya mie instan plus nasi putih adalah pilihan terbaik dan mengenyangkan ? memang benar namun tidak baik, karena kandungan dari kedua makanan ini mempunyai karbohidrat yg cukup tinggi. untuk satu porsi mie instan mengandung 400 kalori, dan nasi putihnya mengandung 300 sampai 400 an kalori jadi jadi semakin banyak karena pada dasarnya tubuh manusia hanya membutuhkan 1.700 kalori sampai 2000 untuk perharinya belum di tambah makanan yg lain tentunya selain membuat sobat bertambah gemuk ini jugalah yg memicu penyakit diabetes. lah kok begitu ? karena selain kandungan kalori kedua makanan ini pun mempunyai kandungan zat gula yg lumayan banyak sehingga menghasilkan penyakit diabetes. mulai dari sekarang sobat kurangi memakan nasi putih dengan mie instan. rekomendasi dari dokter mending campur mie instan ini memakai telor dan sayuran karena gizinya akan seimbang.
  5. air rebusan jangan pernah di buang. rekomendasi untuk para enggemar mie instan khususnya mie rebus adalah selalu gunakan air degan pas karena nantinya tidak perlu membuang sebagian airnya, justru air ini mengandung gizi yg baik. semua ini menampik kabar miring kalau air pertama ini mengandung zat kimia yg berbahaya bagi tubuh manusia dan sobat perlu memsak sampai dua kali agar zat yg buruk dapat hilang karena masaknya yg lama. pada saat memproduksi mie instan tentunya sudah melewati berbagai proses dan melakukan penambahan gizi dan vitamin yg di perlukan bagi tubuh manusia. tentu setelah di rebus zat gizi dan vitamin ini akan berpindah dari mie instan kedalam air yg mendidih. sayang sekali dari kita penggemar mie instan seringkali membuang air dari hasil rebusan mie ini karena kebanyakan air. nah disinilah perlu adanya takaran dan cara petunjuk penyeduhannya pada kemasan mie instan.
  6. mie instan adalah makanan mewah pada awal kemunculannya. sudah tidak perlu di ragukan lagi kalau mie instan ini adalahs abat dari anak kost,s ahabat anak perantauan, dan tentunya penyelamat dikala tanggal tua. dan salah satu kenapa mie instan ini di gemari oleh masyarakat indonesia adalah harganya yg murah. namun faktanya mie instan ini pernah menjadi makanan yg mewah pada saat pertama kali kemunculannya. lahir di mofuku oleh PT ramen instan nissin pada tahun 1958 hadir dengan rasa ayam yg sangat menggoda. PT ini mengaharapkan kalau mie instan dapat di nikmati dimana saja dan kapan saja. namun pada saat itu justru mie instan sangat susah di cari dan ada hanya pada toko-toko besar saja seperti swalayan-swalayan dengan harga yg begitu meroket. dan pada saat itulah mie instan di anggap makanan mewah karena masih jarang dan susah untuk di temui. perlu sobat ketahui bahwa harga ramen instan ini melambung dari harga yg sudah di tetapkan oleh PT nissin ramen ini. tentunya berbahagialah bagi sobat yg lahir di zaman ini dimana harga mie instan cukup bersahabat khususnya sobat anak kosan yg tentunya pada tanggal tua makanan ini sangat di butuhkan
  7. pengawet terkandung di dalam mie instan ? itu cuma mitos. kenapa bisa awet seperti itu ? pertama untuk kecapnya mengandung engawet nipagin dengan takaran kecil yaitu 1mg. lantas dengan mie instannya bagaimana? faktanya bukan karena pengawt kimia mie instan bisa bertahan lama namun karena proses dan metode yg digunakan pada saat pembuatannya. bahkan proses penggorengannya pun digunakan suhu yg tinggi sekitar 140-160 derajat celcius. dan pada suhu yg tinggi ini dapat dipastikan bakteri atau mikroba tidak bisa bertahan hidup. tentu mikroba inilah yg membuat mie instan cepat basi atau busuk. kalau mikrobanya tidak ada tentunya mie instan akan awet. jadi inilah rahasia dan faktanya kenapa makanan mie instan ini awet dalam kemasan.
  8. warna kuning dari mie instan ini dari bahan tekstil ? itu salah. memang pewarna ini merupakan pewarna buatan namun bukan dari tekstil. namun adonan mie ini ditambahkan zat pewarna yg dinamakan tatrazine CH940 hebatnya zat ini pada saat perebusan tidak akan luntur. di indonesia penggunaan zat pewarna ini suadah di beri izin oleh BPOM Dan baik untuk digunakan. sebenarnya selain mie instan sendiri ada beberapa makanan yg juga memakai zat pewarna makanan ini seperti kerupuk, permen, jeli dan lain-lain.
  9. mie instan tidak cukup untuk memenuhi tubuh sobatkarean mie instan bukanlah makanan 4 sehat 5 sempurna. dibandingkan dengan makanan lain mie instan ini justru terbilang memiliki gizi yg sedikit dan ini jugalah yg mengakibatkan kalau mie instan tidak boleh dimakans endirian dan harus dengan makanan lain.
  10. jadi pada kemasan itu yg tampak penyajian mie instan yg cantik bukan hanya sekedar pajangan saja namun itu saran yg bagus bagi sobat selain untuk penambah nikmat mie instan juga untuk penambah gizi lainnya yg di butuhan tubuh.
  11. mie instan tidak bisa menggantikan nasi. walaupun kandungan besarnya ialah karbohidrat namun mie instan tidak bsia menggantikan nasi mie instan juga mengandung kandungan lemak. jadi apabila sobat mengomsumsinya tiap hari berarti secara tidak langsung sobat menabung lemak dalam tubuh yg anntikan akan mempermudah penyakit seprti diabetes, stroke dan jantung masuk kedalam tubuh kita. dan tentunya tubuh gemuk akan menghampiri kita. dari hal ini lah peran mie instan tidak pernah bisa menggantikan nasi putih. sobat harus membatasi komsumsi makan mie instan jika ingin diet dan tidak mau gendut. karena saran dari dokter makan mie instan itu baiknya cukup tiga kali dalam seminggu.
Baca juga : fakta unik gurita yg mengejutkan dunia, berita unik loster

sudah tahu bukan bahaya dan beberapa fakta dari mie instan? jangan lagi mudah terbawa dan termakan isu tidak sedap dari makanan yg marak dan sangat banyak di indonesia ini, batasi komsumsinya ingat. salam kaki lima street food

0 Response to "bolehkah ibu hamil makan mie instan? apa saja bahaya makan mie instan ? setelah membaca ini anda tidak usah ragu memakannya karena inilah faktanya"

Post a Comment