Membuat donat bertekstur lembut dan mudah

Donat lembut || lezatalakakilima
cari tahu gimana membuat donat bertekstur lembut, lezat, mudah dan praktis - membuat donat yg bertekstur lembut dan berasa lezat memang bisa di bilang mudah-mudah gampang. donat sendiri di indonesia merupakan salah satu kuliner indonesia yg sangat di gemari di berbagai kalangan.dari hal itu juga para pebisnis usaha di bidang kuliner banyak menawarkan produknya berupa olahan donat seperti di tasikmalaya yaitu donat si bungsu.
bedanya mengapa kita harus membeli dengan kita membuatnya sendiri yaitu selain kita bisa memahami resep dan cara pengolahan donat ini tentunya masak sendiri meskipun ada gagal nya tetap enak ya, karena buatan sendiri. intinya kita tidak boleh menyerah meski gagal.
kembali ke donat, di bagi dari jenisnya donat di indonesia di bagi menjadi dua jenis yaitu donat yg bolong di tengahnya yg tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita donat yg bolong ini biasanya di taburi ceres, keju sebagai topping nya, dan jenis kedua dari donat ini adalah donat yg berbentuk bulat dengan berbagai isian di dalamnya seperti coklat, rasa keju dan rasa kelapa.

dan bagi sobat yg mau belajar membuat donat dengan lembut alangkah baiknya kalau sobat memperhatikan terlebih dahulu bahan campurannya. karena jika terjadi sedikit kesalahan saja maka adonan donat ini sulit mengembang bahkan terlihat bantat.dari kejadian itu maka sobat harus memperhatikannya dengan seksama ya, oke langsung saja sobat kali ini kaki lima street food akan mereview/memberitahu dan menyajikan artikel tentang membuat donat bertekstur lembut dengan mudah.

membuat donat bertekstur lembut dan mudah

Bahan-bahan yg di perlukan :

  • 0,5 atau 1/2 kg tepung terigu
  • 2 butir Telur
  • 2 sdt (sendok teh) Garam
  • 4 sdm (sendok makan) gula pasir
  • 3 sdm susu kental dan bubuk
  • 11 gr atau setengah bungkus Ragi instan (pengembang)
  • 200 cc Air putih matang
  • 3 sdm mentega

Cara dan tahap-tahap pembuatan donat tekstur lembut:

  1. siapkan 2 butir telur dan kocok di wadah mangkuk hingga berbusa, kemudian campurkan bahan-bahan seperti tepung terigu, gula pasir, mentega, dan susu lalu aduk , sobat bisa aduk memakai mixer atau secara manual
  2. tahap kedua adalah memasukan ragi kedalam air sampai merata, lalu masukin ragi tadi dan campur bersama adonan tadi tepatnya pada point no 1. setelah tercampur uleni adonan nya sampai kalis, kemudian masukan adonan ini kedalam wadah tertutup lalu diamkan selama kurang lebih 22 menit sampai adonan terlihat mengembang.
  3. kalau sudah di diamkan selama 22 menit dan adonan pun terlihat mengembang, sekarang waktunya kita ambil adonan sebanyak 1 sendok lalu bulatkan secara manual pakai tangan, agak tidak lengket sobat bisa olesi terlebih dahulu tangan nya pake minyak sayur.setelah itu sobat masukan adonan tadi kedalam tepung terigu, dan ini juga yg membuat adonannya tidak lengket. lakukan proses pembentukan tadi berulang-ulang ya sampai adonan di wadah habis, kemudian agar mengembangnya sempurna adonan di biarkan lagi selama 22 menit
  4. setelah di biarkan 22 menit adonan tadi lalu panaskan dulu minyak sayur di wajan, lalu jangan lupa di kasih lubang tengahnya ya, setelah minyanya sudah panas lalu kecilkan apinya ya, karena kita harus menggunakan api kecil , ini bertujuan agar kematangannya merata, dan jika adonan sudah terlihat kecoklatan atau berubah warna menjadi coklat lalu angkat dan tiriskan hingga donat dingin
  5. langkah terakhir atau langkah kelima adalah topping dan pengolesan dengan mentega ini bertujuan agar donatnya mengkilap dan indah, lakukan proses ini berulang-ulang lalu taburi dengan keju, ceres dan bahan-bahan lainnya ,opsi sesuai selera sobat.
Baca juga: 
cara membuat seblak terkenal di bandung yaitu seblak basah ,
 cara membuat bakso rudal enak dan praktis


bagaimana sobat ? terbilang cukup mudah dan gampang bukan ?makanan donat ini cocok sebagai cemilan sobat di depan televisi atau cocok bila ada dan tersedia di hari-hari besar seperti hari raya dan lain-lain.
salam kaki lima street food sobat , semoga membantu

0 Response to "Membuat donat bertekstur lembut dan mudah"

Post a Comment