makanan bandung seblak yg menjadi populer, yuk cari tahu 5 fakta uniknya

Fakta unik seblak - selalu ada saja hal menarik di dunia kuliner di indonesia. apalagi semenjak hadir dan berkembangnya beberapa media sosial belakangan ini. perkembangan kuliner di nusantara kita ini beraneka ragam dan banyak. begitupun 'kuliner seblak'. makanan ini semakin populer karena rasa nya yg khas pedas gila. padahal makanan khas bandung ini sudah terkenal di jawabarat.
Seblak basah khas bandung

cuman sobat harus tau, karena media sosial juga yg mempengaruhi perkembangan seblak di indonesia. membuat orang yg tadinya tidak tau seblak kini tau. sampai-sampai sudah banyak penjual seblak seperti seblak horor subang,dan seblak cigugur pusakajaya subang. rasanya yg khas serta makanan ini sangat gampang di inovesikan dengan makanan lain menjadi daya tarik tersendiri. jadi sobat yg penasaran dengan rasa seblak ini atau bahkan sobat seorang penggemar makanan seblak ? atau calon penggermar nya ? atau juga sobat hingga hendak membuatnya sendiri di rumah tanpa ribet ? alangkah baiknya sobat harus tau dulu 5 fakta unik dari seblak ini yg wajib sobat ketahui

  • rasa pedas lezat dan bikin ketagihan
kalau di lihat sekilas memang tampilan seblak ini seperti gado-gado atau rujak tumbuk. cuma seblak ini tidak menggunakan bumbu dari kacang. untuk rasanya cenderung pedas lezat. kenapa bisa begitu? rasa lezat ini di hasilkan dari beberapa bahan campuran seperti rasa cabai rawit, bawang merah dan putih, garam ,penyedap rasa dan tentunya yg wajib ada untuk seblak ini adalah kencur. salah satu ke khas an seblak adalah aroma kencur, bisa di bilang kalo tidak ada kencur ya itu bukan seblak. untuk topping sendiri bisa di inovasikan bermacam-macam seperti ceker ayam,daging sosis dan lain-lain yg tentunya membuat rasa seblak ini semakin lezat dan gurih.

  • tidak dicampur atau memakai nasi
faktanya, sekalipun seblak ini bikin kita kenyang namun seblak ini tidak memakai nasi bahkan lontong sekalipun, namun sebaliknya untuk bahan dasarnya sendiri ialah kerupuk (udang, tawar dll) namun pada umumnya kerupuk udang yg paling banyak d gunakan, lalu kerupuk ini di siram air panas sehingga kenapa bisa kenyal teksturnya ? ya akibat air panas ini. kerupuk basah dan sudah kenyal ini lalu di masak bersama sayuran, ayam, daging, telor dan tentunya bumbu khas nya tadi di point rasa lezat gurih yg lalu di tambahkan beberapa topping lain untuk mempercantik tampilannya.

  • makanan kaki lima
meskipun seblak ini populer di media sosial namun jujur saja, seblak ini adalah makanan kaki lima atau makanan jalanan yg artinya sobat bisa dengan mudah menemuinya di jalanan jika sobat berada di jawabarat apalagi di bandung biasanya di jajahkan di gerobak dorong. namun karena beberapa faktor yg membuatnya populer seperti medsos kini makanan seblak bisa kita jumpai di berbagai daerah selain jawabarat

  • sejarah unik seblak
meskipun seblak ini makanan khas bandung, namun sobat tahu ngga kalau di dalam sejarah perjalanannya seblak ini justru lebih di kaitkan dengan makanan khas jawa tengah pada tahun 1940-an di sumpiuh, terdapat makanan rakyat yg biasa di sebut dengan kerupuk godok atau kerupuk rebus. sementara seblak ini baru populer sekarang-sekarang atau di era tahun 2000-an. namun sebelum di era ke populerannya sekarang, keberadaan seblak ini di informasikan sudah pernah ada pada era kemerdekaan indonesia tepatnya di cianjur, di sini seblak menjadi makanan rakyat sebelum di era kepopulerannya sekarang.

  • tidak hanya satu varian saja
seiring erkembangnya perjalanan makanan seblak ini, seblak juga populer karena banyak varian nya, faktor persaingan bisnis juga salah satu faktor yg sangat mempengaruhi kepopuleran seblak ini. pada dasarnya seblak di bedakan menjadi dua jenis, yaitu seblak kering dan seblak basah, dimana seblak kering ini lebih mirip basreng atau bahannya juga berupa kerupuk pedas, nah yg di maksud banyak variannya ini yaitu seblak basah, karena kombinasi, inovasi dari sang penjual yg membuat seblak ini mempunyai ciri khas, namun meskipun begitu seblak tetap enak untuk di nikmati meskipun terkadang untuk rasanya agak sedikit aneh, namun kembali lagi, semua itu adalah inovasi dan kreativitas pedagang karena seblak juga cocok untuk di jadikan cemilan bahkan untuk makan besar juga bisa.

0 Response to "makanan bandung seblak yg menjadi populer, yuk cari tahu 5 fakta uniknya"

Post a Comment